Kamis, 01 April 2010


Membuat program memang sangat menyenangkan, kreatifitas programmer dalam meracik kode program sangat diperlukan. Bila anda adalah seorang delphi programmer mungkin sudah biasa membuat program untuk aplikasi database seperti sistem akuntansi, sistem inventory, dan lainnya. Namun tulisan saya ini mungkin langka bagi programmer.  Seperti biasa saya memulai dari dasar terlebih dahulu yaitu dasar pemrograman socket di delphi.
Saya mulai dari pengertiannya terlebih dahulu agar programmer delphi dapat mengembangkan socket ini. Socket merupakan suatu component delphi yang digunakan untuk mengirim data melalui jaringan komputer. sebagai contoh aplikasi chating, remote trading, dan aplikasi pengiriman pesan lainnya.
Apa yang harus dipersiapkan oleh seorang programmer dalam membuat program mengunakan socket ini? Pertanyaan ini sangat mendasar, seperti saya pertama kali terjun ke dunia pemrograman socket ini, mungkin pada postingan selanjutnya saya akan menulis contoh program menggunakan socket ini. Ok, langsung saja saya jawab pertanyaan itu.
1. Komponen Pengirim dan Penerima
Pertama kali anda harus tahu terlebih dahulu mekanisme dari socket ini. Saya berikan contoh logika nya, jika seseorang mengirim suatu barang pasti ada penerimanya. kalau di socket, jika mengirimkan data harus ada yang menerima. Kembali hal ini menjadi pertanyaan, siapa yang mengirim dan siapa yang menerima? Kalau anda sudah mengerti apa yang sudah saya jelaskan tadi, maka yang mengirim adalah komponen TClientSocket dan yang menerima adalahTServerSocket.
2. Tujuan Pengiriman
Selanjutnya jika seseorang akan mengirim suatu surat maka harus ada alamat tujuan pengiriman. Jika di socket ini disebut sebagai host atau IP Address dan Port. Jadi pada saat tclientsocket akan mengirim pesan harus diisi terlebih dahulu IP Address dan port tadi.
3. Status Penerimaan
Setelah TClientSocket mengirim sinyal untuk terhubung ke TServerSocket maka perlu adanya status bahwa keduanya telah terhubung. Atau bahkan jika diantara keduanya sudah tidak terhubung lagi. Ini sangat penting mengingat pada saat akan mengirim data, harus mengetahui terlebih dahulu status keterhubungan ini.

0 Comments:

Post a Comment